Minggu, 01 Mei 2011

Menulis dalam Bahasa Inggris Sambil Menambah Penghasilan Pasif

Apabila menulis konten online dalam bahasa Indonesia sudah menjadi hal yang biasa bagi Anda, barangkali kini saatnya mencari tantangan baru dengan membuat tulisan dalam bahasa Inggris untuk konsumsi pembaca internasional, khususnya dari Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada). Lebih mengasyikkan lagi apabila kegiatan tersebut dibarengi dengan peluang menambah penghasilan pasif dari pemasangan iklan (Google AdSense) dan penjualan produk-produk afiliasi (Amazon dan eBay).

Logo Hubpages
Membuat blog sendiri untuk keperluan tersebut barangkali bukan langkah yang terlalu efektif mengingat proses setup yang agak ribet, dan kompetisi konten berbahasa Inggris dalam meraih pengunjung melalui mesin pencari jauh lebih ketat sehingga tulisan anda boleh jadi hanya akan terkubur dalam timbunan artikel-artikel lain pada hasil pencarian Google, tanpa pernah ditemukan orang.

Langkah yang lebih praktis buat anda yang tidak ingin berurusan dengan hal-hal teknis seputar setup blog atau situs adalah dengan menjadi anggota situs web content community dan mempublikasikan artikel-artikel anda di sana. Salah satu yang bagus dan SANGAT saya rekomendasikan adalah HubPages.


HubPages adalah situs web content community yang menampung dan mempublikasikan tulisan-tulisan berbahasa Inggris dalam beragam tema yang dibuat oleh para anggotanya. Walau berbasis di San Francisco dan memiliki trafik pengunjung yang sebagian besar berasal dari Amerika Utara, HubPages tidak membatasi kewarganegaraan member mereka dan mempersilakan penulis konten dari seluruh dunia berpartisipasi mempublikasikan tulisan mereka.

HubPages didirikan oleh Paul Edmondson, Paul Deeds, dan Jay Reitz, dan nampaknya didesain sebagai kompetitor bagi situs sejenis bernama Squidoo yang lahir lebih awal, didirikan oleh netpreneur terkemuka Seth Godin. Dalam perkembangannya memang kedua situs ini tampil sebagai dua besar situs bertipe ”content community” alias situs web yang hampir seluruh kontennya dibuat oleh komunitas penulis konten yang terdaftar sebagai anggotanya. Semacam Kompasiana di Indonesia.


Apa kelebihan HubPages dibanding situs content community lain?

Apabila anda bertujuan untuk meraih segmen pembaca dari wilayah Amerika Utara, mempublikasikan tulisan anda di Hubpages adalah pilihan yang strategis karena HubPages masuk dalam list Top-50 US website dengan rata-rata 12 juta pengunjung per bulan, sebagian besar berasal dari Amerika Serikat.

Kompetitor terdekat HubPages, Squidoo, juga PERNAH menjadi tempat favorit penulis konten. Namun reputasi Squidoo sedikit banyak rusak oleh banyaknya konten sampah (spam) yang bertebaran di situs mereka. Kondisi ini membuat mereka sempat terkena ”tamparan” Google (Google slap), di mana banyak halaman-halaman Squidoo menghilang atau mengalami penurunan peringkat pada hasil pencarian Google sebagai hukuman atas pembiaran praktek spamming tersebut.

HubPages memiliki reputasi online yang sangat baik, sekaligus memiliki komunitas anggota yang relatif lebih santun, welcome kepada anggota baru, kompak, dan saling membantu. Di kalangan content writer sudah jamak diketahui bahwa menulis di HubPages merupakan salah satu langkah efektif untuk menaikkan profil dan reputasi pribadi, selain menjadi pintu gerbang untuk memasuki dunia profesional (khususnya buat mereka yang serius menekuni dunia tulis-menulis). Di Amerika Serikat sendiri, beberapa penulis ”alumni” Hubpages beruntung ditemukan oleh pengelola media mainstream yang kebetulan membaca hub (artikel) mereka di Hubpages, diwawancarai, atau bahkan ditawari kontrak untuk bekerja atau menulis di media mainstream tersebut.


Bagaimana tipe konten yang sesuai untuk dipublikasikan di HubPages?

Segala jenis artikel yang informatif, topikal, dan ditulis dengan gaya penulisan ala artikel majalah masuk dalam kualifikasi. Tidak ada batasan tema, kecuali tentunya tak diperbolehkan membuat konten terlarang seperti pornografi dan spam. Anda dapat menulis tema apa saja yang anda sukai dan kuasai. Sebagai contoh, karena saya sedikit banyak mengenal Kota Medan dan ingin membagi pengetahuan tentang kota tersebut kepada pembaca, maka saya menulis hub (artikel) berjudul “Medan, Capital and Attractive Tourist Destination in North Sumatra”. Pada kesempatan lain, dengan didahului proses riset kecil-kecilan dan semangat memperkenalkan eksotisme Komodo kepada dunia, saya menulis artikel lain berjudul Komodo Dragon, the Largest Species of Lizard.

Antusiasme pada suatu subyek adalah langkah awal yang baik. Apabila anda seorang ibu rumah tangga yang berpengalaman mengasuh sendiri anak-anak anda dengan baik, pada waktu-waktu senggang mengapa tidak anda tulis saja pengalaman pribadi anda memilih jenis popok yang sesuai untuk bayi berumur kurang dari satu tahun? Atau tips cara memandikan bayi yang aman? Atau, tips rahasia melancarkan pengeluaran ASI? Itu semua adalah pengetahuan praktis yang sangat dibutuhkan oleh jutaan calon ibu di seluruh dunia. Pahala akan mengalir saat anda memberi orang lain solusi yang bermanfaat atas permasalahan mereka, meski itu hanya dilakukan melalui tulisan.

HubPages menggunakan istilah “Hubs” untuk menyebut artikel-artikel yang dipublikasikan di situs mereka, dan “Hubbers” untuk menyebut para penulis di HubPages. Untuk menulis di Hubpages, Anda tidak dituntut untuk menjadi pakar dalam bidang tertentu atau memiliki kemampuan grammar (tata bahasa) Inggris yang sempurna (walau akan lebih baik jika seperti itu). Meminjam slogan perusahaan sepatu Nike: Just do it. Kerjakan saja. Tak perlu merasa terintimidasi ketika membaca hubs orang lain yang dibuat dengan kualitas setara tulisan jurnalis profesional. Tulis saja hubs anda secara rutin, sembari terus belajar dan mengoreksi kesalahan-kesalahan yang dibuat pada tahap awal.


Memperoleh penghasilan dari menulis konten

Daya tarik lain dari menulis di HubPages adalah peluang memperoleh penghasilan tambahan dari hubs yang kita publikasikan. Ini merupakan bagian dari program revenue sharing (berbagi penghasilan) yang mereka tawarkan, di mana kita sebagai penulis konten berhak atas sebagian pendapatan iklan yang tertayang di halaman-halaman hubs kita.

Iklan-iklan di HubPages hadir melalui ad network Google AdSense, Kontera, Amazon, dan eBay. Anda harus memiliki akun di masing-masing ad network itu untuk dapat berpartisipasi dalam proggram revenue sharing. AdSense dan Kontera menggunakan skema Cost per Click, alias penghasilan diperoleh atas setiap iklan yang diklik pengunjung. Sedangkan Amazon dan eBay sebagai affiliate program menggunakan skema dimana Anda memperoleh komisi beberapa persen dari penjualan setiap item produk yang di-refer dari hubs anda.

HubPages juga memiliki program periklanan internal (HubPages Ad Program) berbasis CPM (Cost per Mille), artinya pemasang iklan dikenakan tarif yang nilainya ditetapkan per seribu tampilan iklan di halaman hubs kita. Ilustrasinya, apabila hubs anda memperoleh 10.000 pembaca (ekivalen dengan 10.000 tampilan iklan) dan nilai CPM sebesar $ 5 (tarif iklan per seribu tampilan), maka penghasilan anda adalah $ 5 x 10 = $ 50.

Apakah proyeksi di atas realistis, atau hanya tipu-tipu internet (scam) seperti yang belakangan marak terjadi? Well, mungkin pengalaman beberapa hubbers senior yang ada di halaman success stories ini dapat memberi sedikit ilustrasi.

Saran saya, pada saat anda baru memulai, lupakan sejenak motivasi mencari penghasilan tambahan karena langkah untuk mencapai itu membutuhkan waktu dan pengalaman yang tak sedikit. Sebaliknya, perkuat niat bahwa tujuan utama anda menulis adalah untuk berbagi pengetahuan, melatih diri, mengisi waktu luang dengan aktivitas bermanfaat, dan untuk memperluas jaringan. Ketika anda mampu menemukan kepuasan dan kebahagiaan dari membantu orang lain melalui tulisan, proses tersebut akan dapat dijalani dengan lebih santai dan tidak akan terasa sebagai siksaan atau target yang sulit dicapai. Yang terpenting, selalu peliharalah keyakinan bahwa ”Every effort has its own reward”.

Klik disini untuk mendaftar sebagai penulis di Hubpages

****
 
© Copyright 2035 Inspirasi PR dan Marketing
Theme by Yusuf Fikri