Rabu, 13 April 2011

Amazon Product Ads: Cara Efektif Mengiklankan Produk Anda di Amazon.com

Setiap hari, situs web Amazon.com dibanjiri jutaan pengunjung yang berniat membeli sesuatu. Berbeda dengan pengunjung Facebook yang mengunjungi situs tersebut untuk berinteraksi dengan teman-temannya, atau pengunjung Google yang bertujuan mencari informasi yang sangat beragam, pengunjung Amazon adalah orang-orang dengan motivasi spesifik untuk berbelanja, yang secara khusus membuka internet untuk mencari kebutuhan mereka.


Barangkali 99 persen pengunjung Amazon.com adalah mereka yang siap membelanjakan uangnya untuk membeli beragam produk yang tersedia, dari sepatu hingga produk elektronik. Pertanyaannya, dapatkah anda ‘mencuri’ sebagian pengunjung Amazon yang potensial ini dan mengarahkannya agar berbelanja di situs Anda? Jawabannya adalah: Ya!

logo Amazon
Anda tidak harus bertarung secara frontal dengan toko online sebesar Amazon.com apabila produk yang anda tawarkan sama. Sebaliknya, kerjasama yang bersifat simbiosis mutualisme dapat dilakukan jika Anda memanfaatkan halaman-halaman produk Amazon untuk mengiklankan produk serupa yang dijual di situs anda. Ini akan memberikan pilihan yang lebih luas kepada pelanggan, selain kontrol yang lebih besar untuk anda.

Sebagai gambaran, ketika seorang pengunjung Amazon melihat-lihat kamera digital Sony CyberShot di Amazon dan melihat iklan anda untuk produk yang sama di halaman tersebut, dia mungkin akan mengklik iklan tersebut untuk membandingkan fitur dan harga yang ditawarkan Amazon dengan fitur dan harga di situs Anda. Ketika sang pelanggan mengklik iklan tersebut, dia akan diarahkan ke situs anda. Mulai dari sini anda memiliki kontrol penuh untuk melakukan segala upaya menarik perhatian agar si pelanggan membeli CyberShot di situs anda, bukan di Amazon. Amazon akan mendapat ‘kompensasi’ berupa biaya per klik yang dilakukan pengunjung itu, yang dibebankan kepada anda selaku pengiklan di Amazon.

screenshot Amazon Product Ads

Ya, secara teknis ini memang model periklanan Cost per Click (CPC) yang tidak berbeda dengan yang ditawarkan Google Adwords, Facebook Ad, atau Ad Networks lainnya. Perbedaannya, dengan beriklan di Amazon.com trafik pengunjung yang anda dapatkan adalah pengunjung potensial, yakni orang-orang dengan tujuan spesifik untuk membeli sesuatu yang nilai konversinya lebih tinggi daripada pengunjung yang datang melalui ad networks biasa. Amazon memberi nama sistem periklanan Cost per Click mereka ini sebagai Amazon Product Ads.


Amazon Product Ads

Sistem Amazon Product Ads berbeda dengan menjual langsung produk anda melalui Amazon seperti lazimnya kita kenal. Melalui Amazon Product Ads, anda tetap menjual produk anda di situs milik sendiri, sehingga anda memiliki kontrol yang lebih besar atas setiap transaksi. Selain itu pengiklan melalui Amazon Product Ads tidak akan dibebani biaya bulanan dan pengeluaran minimal. Pengeluaran hanya terjadi setiap kali pengunjung mengklik iklan anda.

Seperti Google Adwords, Anda dapat mengontrol berapa harga per klik dan anggaran harian yang akan anda keluarkan di Amazon Product Ads. Dengan demikian apabila – misalnya – anda menetapkan anggaran per hari $100 dan harga per klik $0.60, maka penayangan iklan anda pada hari itu akan dihentikan secara otomatis oleh sistem komputer Amazon begitu kuota tersebut tercapai. Sistem ini sangat efektif untuk mengontrol pengeluaran iklan anda.

Amazon menyediakan semua tools yang anda butuhkan untuk membuat dan mengelola iklan produk anda. Setelah melakukan proses signup, anda hanya perlu meng-upload detil katalog produk dan mengatur anggaran harian. Setelah itu semua proses selanjutnya akan berjalan secara otomatis. Iklan produk anda akan ditampilkan oleh Amazon dalam penempatan yang bervariasi di halaman produk (product pages) mereka, termasuk pada hasil pencarian dan penelusuran.


Berapa biaya per klik (cost per click) yang dibebankan Amazon.com kepada pengiklan?

Tidak semua kategori produk dapat anda iklankan di Amazon. Amazon menetapkan beberapa kategori produk di mana anda dapat memasang iklan-iklan anda di halaman mereka. Kategori tersebut meliputi produk perawatan bayi, komputer, elektronik, kesehatan dan kecantikan, rumah, home improvement, jewelry, kantor, sepatu, olahraga, mainan, dan arloji.

Rentang biaya per klik untuk tiap kategori berbeda-beda. Untuk baby products, minimum Cost-Per-Click Range antara $0.10 – $0.60, sementara untuk office products (ATK) berkisar antara $0.20 - $0.80 per click.

Anda dapat mengetahui secara lebih detil (atau mendaftar untuk mulai beriklan di Amazon.com) di sini:

Amazon Product Ads

Yang jelas, keuntungan lain dari beriklan di Amazon Product Ads adalah reputasi yang meningkat di mata pelanggan, khususnya jika target pasar anda adalah customer internasional. Amazon tidak menampilkan iklan anda dengan embel-embel "Ads by .." seperti lazimnya layanan periklanan online lain, melainkan menggunakan satu blok kecil ruang promo dengan title "available at external website". Dengan di-link oleh Amazon, terlihat seakan-akan Amazon.com merekomendasikan situs anda kepada pengunjung mereka sebagai alternatif tempat berbelanja. Hasilnya, pengunjung akan lebih percaya diri untuk berbelanja karena lebih yakin dengan reputasi situs anda.

****
 
© Copyright 2035 Inspirasi PR dan Marketing
Theme by Yusuf Fikri