Sabtu, 02 April 2011

Tips Promosi Produk Melalui Facebook

SMM (Social Media Marketing) adalah salah satu topik terhangat di dunia bisnis saat ini. Salah satu karakteristik penting media ini adalah dia tidak membeda-bedakan kasta dan skala bisnis yang dilayaninya. Apakah anda perwakilan marketing sebuah perusahaan multinasional dengan omset 20 milyar dollar setahun , atau hanya seorang ibu rumah tangga yang mengisi waktu luang dengan berdagang kain selimut secara online, anda akan dilayani dengan cara yang sama, fasilitas yang sama, dan jangkauan pemasaran yang sama.

Pemasaran melalui Facebook
Satu-satunya faktor yang membedakan satu pemasar dengan pemasar lain dalam model pemasaran sosial media adalah tingkat keterampilan dan pengalaman dalam menggunakannya. Karena itu, sebelum memutuskan untuk ikut terjun berkompetisi, lebih bijaksana apabila anda pelajari terlebih dahulu berbagai trik dan prosedur yang ada.

Berikut beberapa tips dan pengetahuan dasar dalam menggunakan Facebook sebagai media online untuk mempromosikan – dan memasarkan – produk yang mungkin bermanfaat buat anda.



Gunakan akun khusus untuk produk

Jangan gunakan akun pribadi Anda untuk mempromosikan sesuatu. Anda dapat membuat akun terpisah dengan tujuan spesifik untuk mempromosikan produk, atau meng-hire seseorang (atau konsultan) profesional untuk mengelolanya sebagai brand ambassador anda. Melalui akun “Pro” inilah segala profil, informasi bisnis, promosi, dan komunikasi dengan pelanggan dilakukan.

Untuk keperluan pembuatan profil Facebook yang berbeda tersebut, buatlah akun email baru di Gmail. Manfaatkan fasilitas impor kontak pada Gmail untuk mengimpor semua alamat email klien anda dari address book email pribadi anda ke akun baru tersebut. Pada saat membuat akun Facebook bisnis dengan Gmail baru itu, sistem Facebook secara otomatis akan memindai address book, lalu menyarankan (suggest) untuk meng-add para klien anda sebagai teman. Cara ini jauh lebih efisien daripada meng-add teman satu-persatu.


Foto Profil yang tepat

Buatlah foto profil yang representatif dan mencerminkan bisnis anda secara profesional. Lazimnya berupa desain atau logo perusahaan.


Buat Facebook page yang unik

Facebook memungkinkan anda membuat halaman khusus yang berfungsi layaknya landing page pada situs web biasa. Jika anda mempromosikan profil anda melalui iklan Facebook, halaman inilah yang akan menjadi tempat “mendarat” orang yang mengklik link iklan tersebut.

Anda dapat membuat Facebook page di http://www.facebook.com/pages/ lalu klik tombol “Create Page”. Facebook page anda memiliki fungsi yang strategis, karena “page name” yang anda buat adalah salah satu faktor kuat yang menentukan ranking pada saat pengguna melakukan pencarian dengan kata kunci (keyword) tertentu melalui Facebook search. Buatlah nama halaman yang berisi keyword tertentu – terkait bisnis anda - agar profil bisnis anda mudah ditemukan oleh pengguna lain.


Mengisi Informasi

Isilah halaman profil facebook tersebut dengan segala informasi tentang bisnis anda. Muat sebagian besar informasi tersebut pada tab “Info”, yang tak dapat di-remove atau disembunyikan (hidden). Usahakan copywriting informasi tersebut ringkas, padat, namun semenarik mungkin, karena informasi tersebut kelak akan dibaca banyak orang. Bila diperlukan, seorang jurnalis, copywriter, atau blogger profesional yang biasa melakukan pekerjaan semacam itu mungkin perlu anda sewa untuk membantu anda.


Memanfaatkan aplikasi internal dan aplikasi pihak ketiga

Facebook menyediakan fasilitas static FBML (Facebook Markup Languange) – bahasa markup macam HTML namun khusus untuk penggunaan internal di Facebook. Fasilitas ini memungkinkan anda membuat 10 tab tambahan yang dapat anda desain sendiri menggunakan FBML, HTML/CSS, Flash, dan iframe.

Tips dan Trik Pemasaran melalui Facebook
Untuk aplikasi yang melibatkan layanan pihak ketiga, anda dapat memanfaatkan aplikasi Twitter Tab yang akan memposting kopi tweet anda di Twitter ke tab tersendiri di Facebook. Ada juga layanan NetworkedBlogs yang memungkinkan anda memposting Feed atom atau RSS blog anda ke wall Facebook.

Buatlah URL yang cantik

URL Facebook yang cantik seperti http://www.facebook.com/kondom52 tentu jauh lebih menarik dan atraktif daripada URL default Facebook yang bikin pening kepala macam http://www.facebook.com/326727833086?ref=sgm&ajaxpipe=1&__a=7. Sekali profil bisnis anda di Facebook menembus jumlah fans 25 orang (syarat minimal untuk setting custom username), buka halaman http://www.facebook.com/username/ lalu klik link “Set a username for your Pages” di bagian bawah halaman.


Desain custom landing page yang atraktif

Di sini skill teknis dibutuhkan untuk membuat desain yang cantik dan atraktif, menggunakan aneka aplikasi dan tools seperti FBML, HTML/CSS, FBJS, atau bahkan efek animasi Adobe Flash. Jika anda sukses di bagian ini, orang tidak hanya memberi “like” tetapi bisa jadi akan menyarankannya (suggest) kepada teman-temannya.

Jika anda tidak memiliki skill teknis untuk membuatnya, jangan khawatir. Cari templat landing page Facebook baik gratis maupun berbayar yang dapat anda temukan di internet, salah satunya di situs FBML Templates.


------------------------------------------------------------------------------------------------
Catatan: posting ini merupakan adaptasi dari tulisan Tim Soulo; Facebook Marketing: Ultimate Guide, yang dipublikasikan di Seomoz.

****
 
© Copyright 2035 Inspirasi PR dan Marketing
Theme by Yusuf Fikri