Selasa, 22 Maret 2011

Presentasi Singkat Gagasan dan Produk dengan Elevator Pitch

Elevator pitch
Pernah memperhatikan gaya berbicara seorang salesman saat mendeskripsikan produk yang ditawarkannya kepada anda ketika waktu yang tersedia terbatas? Atau sewaktu seorang project manager mempresentasikan proyek yang tengah dikerjakannya? Mereka berbicara dalam kecepatan maupun intonasi yang diatur sedemikian rupa, memaparkan hanya poin-poin penting dan utama tentang produk atau gagasan yang ingin disampaikan. Itulah yang disebut elevator pitch.


Elevator pitch mengambil ide dari lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk naik ke lantai tertentu gedung bertingkat menggunakan elevator, yang rata-rata memakan waktu antara tiga puluh detik hingga dua menit - tergantung jarak antar lantai dan kelajuan elevator tersebut. Secara harfiah, elevator pitch memperoleh namanya karena digunakan saat dua orang atau lebih bertemu di lift dan membicarakan suatu gagasan atau produk, memastikan semua poin-poin penting tersampaikan sebelum mereka keluar lift dan pergi ke tempat masing-masing. Elevator pitch dengan demikian adalah teknik berbicara untuk menjelaskan deskripsi singkat dan value suatu produk, layanan, atau organisasi dalam jatah waktu yang terbatas.

pintu lift
Seni elevator pitch ('nada' elevator) terletak pada bagaimana menarik perhatian dan menginformasikan banyak hal dengan menggunakan sedikit kata dan waktu. Seseorang membutuhkan banyak latihan dan praktek sebelum benar-benar mahir menggunakannya. Selain salesman dan project manager, beberapa kalangan yang banyak mempraktekkan elevator pitch adalah pengkhotbah agama, dan pembuat kebijakan. Entrepreneur yang tengah menjual ide bisnis kepada investor permodalan ventura (venture capital) juga lazim menggunakan teknik berbicara ini.

Melihat karakteristiknya, elevator pitch tidak dimaksudkan sebagai teknik berbicara untuk digunakan pada pembicaraan pokok atau untuk diterapkan pada presentasi umum yang lebih santai. Dia lebih tepat digunakan sebagai introduksi, sebelum pembicaraan masuk pada pembahasan pokok tentang detil produk dan layanan yang dipresentasikan.

****
 
© Copyright 2035 Inspirasi PR dan Marketing
Theme by Yusuf Fikri