Sabtu, 26 Maret 2011

Tips Membuat Blog Resmi Perusahaan atau Organisasi

Trik membuat blog.

Selain media sosial seperti Facebook dan Twitter, memiliki blog resmi (corporate blog) dengan konten yang merepresentasikan profil pribadi atau organisasi bisnis Anda adalah bagian penting dari proses membangun reputasi online. Dalam hal ini, aspek penting yang harus diperhatikan selain konten yang bermutu adalah kualitas platform blog dan layanan hosting blog yang anda gunakan.

Terkadang muncul pertanyaan, mengapa tidak menggunakan layanan hosting blog gratisan yang banyak tersedia di internet saja? Toh tidak mengeluarkan biaya apa-apa selain biaya koneksi internet?

Well, yang perlu diperhatikan di sini bukanlah soal efisiensi biaya. Jika blog yang hendak anda buat adalah blog resmi (official) yang mewakili profil pribadi anda, bisnis, ataupun eksistensi organisasi Anda, maka menginvestasikan sejumlah kecil dana pada layanan hosting berbayar dan domain milik sendiri (custom domain) akan membuat Anda terlihat lebih bersungguh-sungguh dan profesional. Orang akan lebih yakin pada reputasi seseorang atau suatu perusahaan apabila mereka menggunakan hosting berbayar dan memiliki alamat resmi dengan URL seperti www.SitusAnda.com, dibanding ketika mereka melihat alamat domain gratisan seperti blogmu.gratisan.com.

Tentu saja Anda tidak harus menganggap rendah dan menanggalkan layanan gratisan sepenuhnya. Layanan blog gratisan saat ini menawarkan fitur-fitur yang tak kalah canggih dari fitur yang ditawarkan hosting berbayar. Bahkan mereka memberikan fitur untuk me-redirect  URL asli ke custom domain. Blog Inspirasi Humas ini pun menggunakan layanan gratisan dari Blogger (Blogspot) tanpa modifikasi macam-macam.

Namun yang perlu diingat, layanan hosting blog gratisan akan lebih tepat dan sebaiknya digunakan apabila anda hendak mempublikasikan sesuatu yang tidak berasosiasi langsung dengan citra dan kehidupan profesional anda, misalnya posting tentang hobi filateli, liburan akhir pekan keluarga, atau posting tentang acara silaturahmi di lingkungan RT anda.

Kelemahan lain layanan blog gratisan adalah kekurangbebasan dan kerawanan akun kita. Terms of Services (TOS) sebuah layanan blog gratis umumnya lebih ketat daripada layanan berbayar. Kita akan selalu merasa waswas terhadap TOS layanan tersebut, karena sedikit pelanggaran atas TOS yang tak disengaja sekalipun dapat mengakibatkan akun kita dibekukan, atau bahkan dihapus. Sejumlah pengguna layanan blog gratisan memiliki pengalaman kurang enak ketika blog mereka di-suspend karena mempublikasikan sesuatu yang melanggar aturan mengenai konten. Padahal blog-blog tersebut telah dibangun dengan susah payah selama bertahun-tahun.

Di sisi lain, masalah yang sering ditakutkan orang awam ketika memilih layanan hosting berbayar adalah kerumitan teknis saat melakukan pendaftaran dan proses set up. Itu sebetulnya merupakan ketakutan yang merefleksikan pengalaman masa lalu, ketika proses membuat dan mengelola situs web hanya dikuasai oleh para lulusan ilmu komputer dan informatika. Namun saat ini hampir tidak ada bedanya apakah Anda menggunakan layanan gratisan atau berbayar. Sama-sama mudah dan bisa dipelajari siapa saja.

Hosting Wordpress di HostGator
Jika anda hendak membuat blog yang ’serius’, saya menyarankan Anda menggunakan platform Wordpress (harap dibedakan dengan layanan blog gratis wordpress.com). Wordpress adalah platform yang dioptimalisasi untuk aktivitas blogging. Fitur dasar (default)-nya memang terbatas, namun dia dapat dikustomisasi sedemikian rupa dengan pilihan desain (themes) yang sangat beragam dan aneka plugin untuk meningkatkan kemampuannya. Hanya perlu memainkan kreativitas dan kemauan besar untuk belajar untuk dapat mengeksplorasi kelebihan Wordpress.

Salah satu aspek penting Wordpress adalah dia merupakan platform yang ‘ramah mesin pencari’ (SEO-friendly), alias strukturnya mudah di-crawl oleh mesin pencari seperti Google atau Bing, sehingga berpengaruh terhadap proses pemeringkatan pada hasil pencarian. Situs-situs yang menggunakan platform Wordpress cenderung lebih mudah memperoleh peringkat tinggi pada hasil pencarian. Namun lagi-lagi, semuanya kembali tergantung pada kreativitas anda dalam mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki platform blog tersebut.

Hosting blog Wordpress di HostGator

Untuk layanan hosting, ada banyak pilihan yang bisa Anda ambil, dalam negeri maupun luar negeri. Saya tidak mungkin membuat review satu per satu. Namun salah satu layanan hosting internasional yang dapat diandalkan adalah HostGator. HostGator adalah salah satu layanan hosting terbesar dan terbaik di dunia yang berkantor pusat di Houston, Amerika Serikat.

Selain layanan profesional, HostGator menawarkan kemudahan bagi pengguna awam dalam proses instalasi blog melalui fasilitas QuickInstall. Fasilitas ini memungkinkan Anda menginstall blog Wordpress hanya dengan satu klik, dan dilengkapi dengan automatic update. HostGator Wordpress Hosting plan menggunakan versi terakhir platform Wordpress dan sistem pendukungnya, meliputi Apache webserver, MySQL database, dan PHP. Fasilitas PHP mereka dijalankan sebagai suPHP untuk meningkatkan keamanan Wordpress. Untuk semua kategori hosting plan mereka menawarkan unlimited disk space & bandwidth.

Satu hal lagi, HostGator juga menawarkan potongan harga hingga 25% dari biaya berlangganan normal untuk Wordpress Hosting. Untuk mengklaim potongan harga tersebut, tinggal masukkan coupon code (kode kupon) ini: WPSPECIALOFFER pada saat anda melakukan proses registrasi.

Saya tidak tahu batas waktu promo diskon harga berlangganan paket hosting ini berlangsung. Jadi memanfaatkan kesempatan yang tersedia saat ini adalah yang terbaik.

Link: HostGator Wordpress Hosting

****
 
© Copyright 2035 Inspirasi PR dan Marketing
Theme by Yusuf Fikri